Pelatihan Pemasaran Online Melalui E-Commerce Sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi UMKM Di Desa Setiling Kabupaten Lombok Tengah
Abstract
Desa Setiling Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu desa yang memiliki tingkat pendidikan rendah dan diikuti dengan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Setiling. Target utama dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM yang telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan pada tahun 2022, beberapa kelompok UMKM diantaranya memproduksi jamu tradisional, keripik pakis, dan keripik jepang (labu siam). Pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan (sosialisasi dan pendampingan), serta evaluasi dan monitoring. Pengabdian dilaksanakan dengan melibatkan 14 orang pelaku UMKM dan 3 orang mahasiswa. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan, peserta telah memiliki akun e-commerce (shopee) sebagai media dalam menjual dan memasarkan produk mereka dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan demikian, pelaku UMKM dapat meningkatkan kuantitas produksi dan pendapatan mereka.