Penyuluhan dan Pelatihan Pengelolaan Edu-ekowisata Bukit Cahaya Dusun Rangsot Desa Sigar Penjalin Lombok Utara

  • Novita Hidayatun Nufus Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Afifah Farida Jufri Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Anjar Pranggawan Azhari Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Amrul Jihadi Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Al-Fajr Adriansyah Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Muhammad Alif Pradipta Adji Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
Keywords: edu-ekowisata, bukit_cahaya, rangsot

Abstract

KSM Rangsot merupakan kelompok usaha masyarakat dusun Rangsot Desa Sigar Penjalin yang saat ini menaungi 3 kelompok usaha, yaitu 1) kelompok usaha olahan mete, 2) kelompok usaha budidaya dan olahan trigona, dan 3) Wisata Bukit Cahaya. Bukit Cahaya yang saat ini dikelola oleh KSM Rangsot sebagai lokasi perkemahan memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat berkembang. Lokasinya yang menghadap perairan menuju Gili Matra menghasilkan pemandangan indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berdasarkan hasil diskusi dengan mitra, upaya yang ditawarkan sebagai solusi terhadap permasalahn tersebut adalah dengan mengembangkan kawasan Bukit Cahaya dan sekitarnya sebagai destinasi wisata dengan pendekatan berbasis Edu-ekowisata. Untuk itu, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis kemitraan yang berjudul ‘Pendampingan Inisiasi Edu-ekowisata Bukit Cahaya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Rangsot, Desa Sigar Penjalin Kabupaten Lombok Utara.

Published
2024-12-09
How to Cite
Novita Hidayatun Nufus, Afifah Farida Jufri, Anjar Pranggawan Azhari, Amrul Jihadi, Al-Fajr Adriansyah, & Muhammad Alif Pradipta Adji. (2024). Penyuluhan dan Pelatihan Pengelolaan Edu-ekowisata Bukit Cahaya Dusun Rangsot Desa Sigar Penjalin Lombok Utara. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI , 5(2), 208-213. https://doi.org/10.29303/jsit.v5i2.167

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2