Pendampingan Pembuatan Media Sosial Facebook dan Instagram KWT Melati Sebagai Sarana Promosi
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah mencapai era digitalisasi. Para pelaku usaha dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Media sosial merupakan salah satu sarana promosi berbasis elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Melalui media sosial, pelaku usaha dapat melakukan promosi kapan saja dan di mana saja. Kelompok Wanita Tani Melati yang ada di Desa Suranadi, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat adalah salah satu kelompok wanita tani yang aktif dalam memproduksi dan menjual produk olahan makanan seperti dodol dan keripik. Meski mampu mempertahankan usahanya pada saat pandemi Covid-19, para pelaku usaha yang tergabung dalam KWT Melati merasa kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan promosi yang terbatas dan ketidakmampuan menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mendampingi KWT Melati membuat media sosial Facebook dan Instagram sebagai sarana promosi. Dengan demikian, para pelaku usaha dapat menjangkau konsumen lebih luas. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian terbagi menjadi dua, yaitu sosialisasi dan pendampingan. Peserta telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias. Hasil dari pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya media sosial KWT Melati sebagai sarana promosi.