Strategi Promosi Wisata Kebun Kopi Senaru Melalui Vidio Virtual Guiding (Senaru Coffee Plantation Tourism Promotion Strategy Through Virtual Guiding Video)

  • Ni Wayan Sri Suliartini Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Abdul Muta’alli Anwar Program Studi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Mataram
  • Ahmad Alfan Ansori Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram
  • Baiq Rizki Liani Putri Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA Universitas Mataram
  • Baiq Widiawati Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Dano Syahputra Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Erni Febrian Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ihsan Itqanul Amal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mataram
  • Mila Diniatun Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Sarah Lehani Mitchell Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram
  • Yulia Kartika Yanti Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Mataram
  • Pande Komang Suparyana Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: guiding, obat, kopi, senaru, virtual

Abstract

Desa Senaru merupakan salah satu desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa Senaru memiliki 15 dusun dengan budaya dan adat istiadat yang masih kental dan salah satu dari 99 desa wisata dari 10 kabupaten/ kota yang berada di Nusa Tenggara Barat. Kebun kopi Senaru  adalah salah satu tempat wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Kebun kopi yang terletak di dataran tinggi menampilkan pemandangan hutan dan air terjun Tiu Kelep. Kendala yang dihadapi oleh Desa Senaru adalah minimnya promosi wisata Kebun Kopi Senaru, khususnya potensi tentang tanaman obat di tempat tersebut. Alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan membuat video promosi dengan konsep virtual guiding. Tujuan dari kegiatan ini agar video promosi yang dibuat dapat tersampaikan untuk wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Langkah pertama dalam persiapan pembuatan video adalah menyiapkan informasi tentang wisata kebun kopi Senaru. Informasi yang diberikan meliputi lokasi, fasilitas pendukung, view utama yang tampak dari ketinggian kebun kopi serta tanaman-tanaman yang berpotensi sebagai tanaman obat. Metode yang digunakan adalah tahap persiapan pembuatan naskah, persiapan peralatan penunjang pembuatan video, pengambilan video, serta pengeditan. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para wisatawan lokal maupun internasional tentang potensi tanaman obat yang ada di Kebun Kopi Senaru dan keindahan pemandangan di kebun kopi Senaru.  Hasil kegiatan ini adalah sebuah video yang memandu penonton untuk menikmati keindahan alam di wisata kebun kopi Senaru. Vidio vitual guiding telah diunggah pada laman youtube, dan dapat disaksikan pada https://www.youtube.com/watch?v=eiGm9rJPxjw

Published
2023-06-28
How to Cite
Ni Wayan Sri Suliartini, Abdul Muta’alli Anwar, Ahmad Alfan Ansori, Baiq Rizki Liani Putri, Baiq Widiawati, Dano Syahputra, Erni Febrian, Ihsan Itqanul Amal, Mila Diniatun, Sarah Lehani Mitchell, Yulia Kartika Yanti, & Pande Komang Suparyana. (2023). Strategi Promosi Wisata Kebun Kopi Senaru Melalui Vidio Virtual Guiding (Senaru Coffee Plantation Tourism Promotion Strategy Through Virtual Guiding Video). Jurnal SIAR ILMUWAN TANI , 4(1), 106-111. https://doi.org/10.29303/jsit.v4i1.103